Tanda dan Ciri Ibu Akan Melahirkan dan Cara Penanganannya

 Hamil Bulan Kesembilan, Hamil Trimester Ketiga, Persalinan

Sebagai seorang ibu, tentunya kita harus mengetahui tanda tanda awal akan melahirkan.  Karena walaupun proses persalinan berbeda pada setiap wanita tapi tanda-tanda persalinan adalah sama.

Dengan mengetahui ciri ibu akan melahirkan, anda akan mengerti kapan saat yang tepat untuk pergi kerumah sakit dan apa saja yang dapat dilakukan. Agar Anda atau anggota keluarga tidak mudah panik.

wanita melahirkan

Tanda-tanda Ibu akan Melahirkan:

Keluar Lendir Bercampur Darah secara terus menerus

Hal ini terjadi karena sumbatan yang tebal pada mulut rahim terlepas sehingga menyebabkan keluarnya lendir bercampur darah berwarna kemerahan, terkadang baunya sangat amis.

Apa yang harus dilakukan:

Pengeluaran darah dan lendir dapat terjadi beberapa hari sebelum persalinan, jadi tunggulah sampai anda mendapat kontraksi yang teratur atau air ketuban pecah, sebelum anda pergi kerumah sakit.

Anda harus menghubungi dokter anda bila terjadi pendarahan hebat.

Air Ketuban Pecah

Kantung ketuban yang mengelilingi bayi pecah sehingga air ketuban keluar ( Normal air ketuban adalah cairan yang bersih, jernih dan tidak berbau).

Apa yang harus dilakukan: 

Hubungi dokter anda dan segera ke rumah sakit, walaupun anda belum merasakan kontraksi, karena ini menjadi resiko infeksi. Sementara diperjalanan gunakan pembalut wanita untuk dapat menyerap cairan ketuban anda.

Kontraksi yang Teratur

Mula-mula kontraksi hanya sebentar kemudian bertambah lama dan bertambah kuat, dan kontraksi terjadi simetris di kedua sisi perut mulai dari bagian atas dekat saluran telur ke seluruh rahim, dan nyeri tidak hilang/kurang dengan istirahat atau elusan.

Apa yang harus dilakukan: 

Ketika kontraksi nampak teratur, mulailah untuk menghitung waktunya. Jika kontraksi anda sudah setiap 5 menit sekali atau sangat sakit anda dapat pergi ke rumah sakit.

Baca Step by Step Cara Supaya Cepat Hamil Baca Selengkapnya…

cara cepat hamil